Pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility ( CSR ) terhadap nilai perushaan dengan price earnings ratio sebagai variabel moderating pada perusahaan sektor utama
Main Author: | Marzuki |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fak. Ekonomi
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2270 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/EKONOMI.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu kegiatan yangharus dilakukan oleh perusahaan demi kelangsungan hidup suatu perusahaan.Kegiatan CSR yang dilakukan perusahaan dimaksudkan untuk mendapatkan nilailebih dari para pemilik modal. Disamping CSR aspek lain yang dapat diperhatikanpara investor yakni Price Earnings Ratio (PER) yang dimiliki oleh perusahaan.PER dapat dijadikan pertimbangan oleh para investor dalam mengambilkeputusan bisnis. Penggunaan CSR sebagai variabel yang mempengaruhi nilaiperusahaan sesuai dengan teori stakeholders, teori ini mengatakan bahwaperusahaan dimiliki oleh semua aspek yang berkaitan dengan perusahaan tersebutyakni Investor, masyarakat, dan lingkungan. Adapun teori yang mendukung PERialah teori sinyal, teori ini mengungkapan bahwa perusahaan akanmengungkapkan informasi, dimana informasi tersebut dapat menambah nilai darisuatu perusahaan.Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari BEI. Datatersebut akan diuji menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas,multikoleniaritas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Adapun pengujianhipotesis menggunakan analisis regresi linear dan moderate regression analysis.Hasil pengujian data yang diperoleh dari BEI yakni berdasarkan hasil ujiHipotesis 1 menghasilkan signifikansi sebesar 0.124 > 0.05 sehinggapengungkapan CSR tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. UjiHipotesis 2 menghasilkan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 sehingga PERmemiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Hipotesis 3 menghasilkansignifikansi sebesar 0.039
- xiv, 90 hlm. : ilus.