Evaluasi pelaksanaan pelatihan keterampilan dalam rangka implementasi program pelayanan dan penyantunan remaja putus sekolah di panti sosial bina remaja (PSBR) Inderlaya
Main Author: | Patian Sugianto |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2232 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/fisip.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSkripsi ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil pelaksanaan pelatihan keterampilandalam rangka implementasi program pelayanan dan penyantunan remaja putus sekolah diPanti Sosial Bina Remaja Indralaya. Selain itu, juga bertujuan untuk mengidentifikasifaktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan pelatihan keterampilan tersebut.Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian deskriptif, yang menggunakanmetode penelitian kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan datasekunder. Sedangkan, teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi,wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model teori evaluasi CIPP yangdikemukakan oleh Daniel Stufflebeam.Hasil penelitian menunjukan bahwa evaluasi (hasil) pelaksanaan pelatihanketerampilan di PSBR Indralaya belum mencapai target dan tujuan secara optimal,dikarenakan berdasarkan data dan informasi siswa PSBR Indralaya dari tahun 2008 sampaitahun 2012 tercatat sebanyak 39,37% dari 962 orang yang telah menyelesaikan pelatihanketerampilan belum mendapatkan pekerjaan atau masih menganggur. Kondisi inidisebabkan oleh beberapa kendala-kendala yaitu belum diselenggarakannya praktek belajarkerja (PBK) dan penyaluran kerja bagi siswa yang telah menyelesaikan pelatihanketerampilan. Dan juga, belum ada kurikulum baku atau buku pedoman keterampilan yangmenjadi petunjuk pembelajaran. Selain itu, ketersediaan dana belum mencukupi untukpembaharuan peralatan praktek untuk jenis keterampilan tertentu karena beberapaperalatan keterampilan telah digunakan sejak tahun 1995 yang sudah kurang sesuai denganperkembangan saat iniPenelitian ini memberikan beberapa saran yang perlu dilakukan oleh pelaksanakebijakan di PSBR Indralaya. Saran yang berkaitan dengan temuan faktor penghambat ataukendala yang telah diuraikan sebelumnya, yaitu memberikan kesempatan kepada instrukturuntuk mengikuti diklat pelatihan keterampilan. Selanjutnya, perlu disusun kurikulum ataubuku pedoman pembelajaran, serta perlu ditingkatkan atau diperbaharui peralatanperalatanpelatihan keterampilan. Dan yang terakhir, menyelenggarakan praktek belajarkerja dan penyaluran kerja bagi siswa yang telah mengikuti pelatihan keterampilan.Kata Kunci : Evaluasi, Implementasi, Pelatihan Keterampilan, Program Pelayanan danPenyantunan, Remaja Putus Sekolah, PSBR Indralaya
- xiv, 160 hlm.