Analisis kemampuan kognitif Siswa Kelas X Sma N 1 Tebing Tinggi dalam menyelesaikan soal fisika bentuk uraian berdasarkan Ranah Taksonomi Bloom

Main Author: Yeni Widia
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , 2014
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2227
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran kemampuan kognitif siswadalam menyelesaikan soal Fisika bentuk uraian berdasarkan ranah TaksonomiBloom. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Tebing Tinggi dengan jumlah sampel29 orang siswa kelas X3 pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Teknik yangdigunakan dalam pengumpulan data berupa tes. Penelitian ini merupakan penelitiandeskriptif, yakni untuk mengetahui tingkat kemampuan kognitif siswa sesuai apaadanya berdasarkan ranah kognitif Taksonomi Bloom. Adapun aspek yang di telitimeliputi jenjang kognitif C1 (mengetahui), C2 (memahami), dan C3(mengaplikasikan). Berdasarkan analisis data yang diperoleh, kemampuan kognitifsiswa dalam menyelesaikan soal fisika bentuk uraian jenjang C1 (mengingat) sebesar65,7% tergolong cukup, jenjang C2 (memahami) 34% tergolong sangat kurang, danjenjang C3 (menerapkan) sebesar 30% juga tergolong sangat kurang.
  • xv, 92 hlm. : ilus.