Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui bermain puzzle angka pada anak kelompok B di TK islam Annisa Indralaya
Main Author: | Marliani Nisfiyah |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=209 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPeningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Bermain PuzzleAngka Pada Anak Kelompok B di TK Islam Annisa Indralaya. Penelitian inibertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melaluibermain puzzle angka. jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitutes perbuatan dan observasi. Subjek penelitian ini adalah anak yang berusia 5-6tahun yang berjumlah 13 anak di antaranya 10 anak laki-laki dan 3 anakperempuan. Berdasarkan hasil analisis data penelitian terjadi peningkatan pada prasiklus, siklus I, dan siklus II secara berturut-turut. Terdapat jumlah anak yangmendapatkan nilai dengan kriteria minimal berkembang sesuai harapan pada prasiklus sebanyak 6 anak (46%), pada siklus I sebanyak 9 anak (69%), dan padasiklus II sebanyak 12 anak ( 92%). Hal ini dibuktikan semua indikator munculdari hasil pengamatan pada akhir siklus II semua anak dapat menunjukkanlambang bilangan 1-20, menyebutkan lambang bilangan, mencocokkan bilangandengan lambang bilangan, dan menghitung jumlah benda. Jadi terjadi peningkatansebesar 23% pada kemampuan mengenal lambang bilangan melalui bermainpuzzle angka pada anak kelompok B di TK Islam Annisa Indralaya.Kata Kunci : Lambang bilangan, Bermain, puzzle angka, TK.
- xiv, 170 hlm.; tab.; ilus