Penerapan model pembelajaran index Card Match untuk Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 14 Palembang

Main Author: Sarinarulita
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2062
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/06_FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kimia siswamelalui model pembelajaran Index Card Match di kelas X SMA Negeri 14Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakandalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulandata dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes akhir siklus. Rata-ratakeaktifan siswa meningkat dari siklus I 53,27% menjadi 62,73% pada siklus II dan68,36% pada siklus III. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari ketuntasan hasilbelajar siswa yang meningkat dari 7,89% sebelum tindakan (T0) menjadi 54,55%pada siklus I kemudian 61,9% pada siklus II dan 92,86% pada siklus III. Hasilpenelitian menunjukan terjadinya peningkatan pada keaktifan dan hasil belajar siswa.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran IndexCard Match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
  • xii, 162 hlm. : ilus.