Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII.1 dalam pembelajaran berbasis proyek materi aritmatika sosial di SMP Negeri 1 Palembang

Main Author: Sartini Nuha Afifah
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2042
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Palembang yang berjumlah 31 orang. Pembelajaran berlangsung sesuai dengan karakteristik dan langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis yang terdiri atas lima soal. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran berbasis proyek di kelas VII.1 SMP Negeri 1 Palembang adalah terkategori sedang dengan rincian sebagai berikut: siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah sangat tinggi adalah sebanyak 1 orang atau persentase sebesar 3,23%, siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah tinggi adalah sebanyak 4 orang atau persentase sebesar 12,9%, siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah sedang adalah sebanyak 16 orang atau persentase sebesar 51,61%, dan siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah adalah sebanyak 10 orang atau persentase sebesar 32,26. Adapun aspek memahami masalah memiliki kemunculan aspek tertinggi yaitu sebesar 85%. Selanjutnya, kemunculan aspek merencanakan penyelesaian adalah sebesar 54%, kemunculan aspek menyelesaiakan perencanaan adalah sebesar 51%, dan aspek mengecek kembali memiliki kemunculan terendah yaitu sebesar 31%
  • xiv, 247. : ilus.