Pengaruh metode ECOLA (Extending Concept Through Language Activities) terhadap kemampuan menulis rangkuman siswa kelas XI SMS Negeri 15 Palembang
Main Author: | Wily Agis Viona |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=1929 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode ECOLA berpengaruh dalam pembelajaran kemampuan menulis rangkuman siswa kelas XI SMA Negeri 15 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasieksperimental- research) dengan desain Control group Pre-Test Post-tes. Sampel penelitian ini berjumlah 64 siswa dengan rincian 32 siswa kelas XI.IPA5 sebagai kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran menulis rangkuman menggunakan metode ECOLA dan 32 siswa kelas XI.IPA6 menggunakan metode konvensional. Untuk menggolongkan siswa ke dalam kelas kontrol dan eksperimen, peneliti mengggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes menulis rangkuman. Teknik analisis data dengan teknik statistis uji t dengan menggunakan program komputer SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 64,47 dan kelas kontrol 64,00. Nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen 83,59 dan kelas kontrol 76,69. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan menulis rangkuman pada siswa kelas XI SMA Negeri 15 Palembang, pada kelas eksperimen 19,12 dan kelas kontrol 12,69. Hasil analisis data dengan uji t membuktikan bahwa ???? ???????????????????????? ???? ???????????????????? atau 5,854 > 1,670 dengan df = 62 pada tingkat signifikansi 95% (α = 0,05). Oleh sebab itu, Ha yang berbunyi “Ada pengaruh terhadap kemampuan menulis rangkuman antara siswa yang diajarkan menggunakan metode ECOLA dan siswa yang diajarkan dengan metode konvensional” diterima. Dengan demikiannya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode ECOLA berpengaruh dalam pembelajaran rangkuman.
- xvii, 149 hlm. : ilus.