Pelaksanaan penilaian autentik pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri Se-Kabupaten Ogan Ilir

Main Author: Melinda Niza Pransisca
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=1891
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas mengenai pelaksanaan penilaian autentik pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri se-Kabupaten Ogan Ilir. Rumusan masalah penelitian “Bagaimana pelaksanaan penilaian autentik pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri se-Kabupaten Ogan Ilir yang dilihat melalui aspek perencanaan penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan dan pelaporan penilaian serta instrumen dan teknik penilaian yang digunakan?”. Metode Penelitian yang digunakan metode deskriptif. Subjek terdiri dari 2 guru Ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya dan 2 guru Ekonomi di SMA Negeri 2 Tanjung Raja. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setiap data dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian aspek perencanaan penilaian menunjukkan kategori yang baik, aspek pelaksanaan penilaian juga menunjukkan kategori yang baik, aspek pengolahan dan pelaporan penilaian menunjukkan kategori yang sangat baik, jadi dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penilaian autentik pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri se- Kabupaten Ogan Ilir termasuk dalam kategori baik. Sekolah sebaiknya membuat penilaian autentik secara lebih sederhana agar guru tidak terlalu direpotkan dengan sistem penilaian. Untuk penelitian selanjutnya, diharapkan dapat meneliti tentang bentuk soal yang sesuai dengan karakteristik penilaian autentik, serta diharapkan dapat meneliti tentang efektifitas format penilaian yang dikeluarkan oleh Kemendikbud dalam buku panduan penilaian untuk SMA yang digunakan oleh guru.
  • xv, 141 hlm. : ilus.