Hubungan antara game online dengan indeks prestasi komulatif (IPK) mahasiswa pendidikan tekbik mesin angkatan 2009-2011 di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Sriwijaya

Main Author: Michael Simatupang
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , 2013
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=1690
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul Hubungan antara Game Online dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2009-2011 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. Penelitian ini memiliki rumusan masalah untuk mengetahui karakteristik mahasiswa yang bermain game online, mengetahui seberapa besar nilai hubungan antaran kecanduan game online dengan IPK, dan juga untuk mengetahui ada-tidaknya hubungan antaran kecanduan game online dengan IPK. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2009-2011. Sampel penelitian sebanyak 30 mahasiswa dengan menggunakan Porposive Sampel. Metode penelitian adalah kolerasi. Alat Pengumpulan data adalah kuesioner yang telah diuji validitas, reabilitas dan normalitasnya. Teknik analisis data menggunakan skala Likert. Dari hasil penelitian menunjukkan karakteristik mahasiswa yang bermain game online adalah angkatan paling banyak bermain game online adalah angkatan 2011 dengan jenis kelamin hanya laki-laki setengah mahasiswa adalah anak kost, mengenal game sejak SMA rata-rata bermain ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, jika thitung > ttabel (-4,82 > 2,467). Bilangan negatif thitung tidak bermakna minus (hitungan) tetapi mempunyai makna bahwa pengujian hipotesis dilakukan di sisi kiri, maka Ho ditolak yaitu Ada hubungan antara kecanduan game online dengan IPK mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin. Saran peneliti kepada pembaca agar mengimbangi antara bermain game dengan Prestasi.
  • xxv, 112 hlm. : ilus.