Pengaruh model pembelajaran kontrol diri terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Palembang

Main Author: Maya Haryani. H
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , 2013
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=1684
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran kontroldiri dengan model pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar siswa pada matapelajaran Ekonomi di SMA negeri 8 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitianeksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari sepuluh kelas dengan jumlah 382 orangsiswa. Sampel yang diambil sebanyak 72 orang dengan menggunakan cluster randomsampling. Teknik pengumpulan data yaitu angket dan observasi. Hasil observasi guruterhadap penerapan model pembelajaran kontrol diri di kelas eksperimen pada saat penelitianpada pertemuan pertama sebesar 44,4% dengan kategori cukup, pada pertemuan keduasebesar 66,7% dengan kategori baik, dan pada pertemuan ketiga sebesar 88,9% dengankategori baik sekali. Sedangkan hasil observasi terhadap peningkatan motivasi siswa setelahmenggunakan model pembelajaran kontrol diri adalah pada pertemuan pertama adalahsebesar 25% dengan kategori kurang, pada pertemuan kedua sebesar 50% dengan kategoricukup, dan pada pertemuan ketiga sebesar 80% dengan kategori baik. Hasil analisis dataangket motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen sesudah menggunakan modelpembelajaran kontrol diri diperoleh nilai rata-rata sebesar 130,69, sedangkan rata-rata nilaimotivasi pada kelas kontrol sesudah menggunakan model pembelajaran langsung adalah111,47. Dengan demikian terdapat perbedaan nilai rata-rata motivasi belajar sebesar 19,222.Adapun hasil perhitungan uji-t (uji beda dua sampel tidak berpasangan), didapat nilai t-hitung14,091 > t-tabel (df:70) 1,994 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Haditerima. Dari hasil ini menunjukkan bahwa ada perbedaan pengaruh model pembelajarankontrol diri dengan model pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar siswa pada matapelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Palembang. Dengan adanya perbedaan modelpembelajaran kontrol diri dengan model pembelajaran langsung terhadap motivasi belajarsiswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Palembang diharapkan modelpembelajaran kontrol diri dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaranyang dapat digunakan pada mata pelajaran Ekonomi dalam meningkatkan semangat belajarsiswa. Semoga pada penelitian berikutnya, agar tujuan pembelajaran tepat pada tujuanpembelajaran yang diharapkan, peneliti dapat memilih dan menyesuaikan modelpembelajaran yang akan digunakan dalam pemberian materi pembelajaran dengan melihatdari kondisi siswa dan lingkungan belajar.
  • xv, 160 hlm. ; ilus.