Peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 9 Tebing Tinggi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw

Main Author: Desi Arisandi
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=1489
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/06_FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul Peningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri 9 Tebing Tinggi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 9 Tebing Tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang dalam 2 siklus, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 22 siswa. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes evaluasi dan observasi setiap siklus, diperoleh hasil belajar ketuntasan sebagai berikut. Pelaksanaan siklus 1 pertemuan 1 sebanyak 8 siswa atau 36,36%, pelaksanaan siklus I pertemuan 2 sebanyak 14 siswa atau 63,64%, siklus II pertemuan 1 ketuntasan belajar siswa sebanyak 17 siswa atau 77,27%, ketuntasan siklus II pertemuan 2 sebanyak 21 siswa atau 95,45%. Demikian pula dengan data observasi. Pada tindakan siklus I pertemuan 1, siswa yang aktif sebanyak 10 orang atau 45,45%, pada siklus I pertemuan 2 siswa yang aktif sebanyak 13 siswa atau 59.09%, pada siklus II pertemuan 1 siswa yang aktif sebanyak 16 siswa atau 72,73%, pada siklus II pertemuan 2 seluruh siswa sudah aktif mengikuti proses belajar mengajar. Kesimpulan yang diperoleh adalah Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.
  • xi, 170 hlm. : ilus.