Penerapan pendekatan ketrampilan proses pad mata pelajaran ipa fisika di kelas VII SMP Negeri Inderalaya
Main Author: | Kom Kom |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=1148 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPenelitian ini bertujuan melihat gambaran keterampilan proses dasar dan pemahaman konsepsiswa di kelas VII. Keterampilan dasar yang diamati meliputi keterampilan mengamati,mengkomunikasikan, menyimpulkan dan meramalkan. Sedangkan pemahaman konsep yangdilihat adalah pada aspek translasi dan interpretasi. Berdasarkan rata – rata aktivitasketerampilan proses siswa untuk keterampilan mengamati sebesar 81%, keterampilanmengkomunikasikan sebesar 59% , keterampilan menyimpulkan sebesar 70%, danketerampilan memprediksi sebesar 77%. Rata – rata pemahaman konsep translasi siswasudah dapat dikategorikan baik (67,5) , sedangkan pemahaman interpretasinya masih kurang(36). Terdapat 4 kelompok berdasarkan pencapaian keterampilan proses dan pemahamankonsep siswa yaitu kelompok siswa yang memiliki keterampilan proses yang baik – amatbaik (80% - 100%) dan mengalami peningkatan pemahaman konsep salah satu aspekmaupun kedua aspek pemahaman (12 orang), kelompok siswa yang memiliki keterampilanproses yang baik – amat baik dan mengalami penurunan pemahaman konsep (5 orang),Kelompok ketiga adalah kelompok siswa yang memiliki rata – rata keterampilan proses yangrendah – cukup (50% - 69%) dan mengalami peningkatan pemahaman konsep (9 orang), dankelompok siswa yang memiliki keterampilan proses rendah – cukup dan mengalamipenurunan pemahaman konsep (6 orang).Kata-kata kunci: pendekatan keterampilan proses, keterampilan proses, pemahaman konsep
- x, 126 hlm . :tab. : ilus