Penerapan strategi pembelajaran aktif everyone is a teacher here untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas xi mia 2 man sakatiga
Main Author: | Novita Kumala Sari |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=10137 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran kimia sehingga dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI MIA 2 MAN Sakatiga melalui penerapan strategi pembelajaran aktif everyone is a teracher here. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 MAN Sakatiga tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 43 orang. Kelas MIA 2 dipilih karena kelas ini masih memiliki hasil belajar kimia yang rendah. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus. Persentase ketuntasan hasil belajar sebelum tindakan (T0) adalah 32,56% dan rata-rata hasil belajar siswasebelum tindakan sebesar 67,45. Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I (T1) 55,81% dengan rata-rata hasil belajar sebesar 68,48. Pada siklus II (T2) persentase ketuntasan adalah 69,77% dengan rata–rata hasil belajar sebesar 73,84. Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus tiga (T3) adalah 88,37% dengan rata–rata hasil belajar siswa 83,26. Hal ini menunjukkan bahwa T3>T2>T1>T0. Berdasarkan hasil observasi, persentase keaktifan siswa meningkat dari siklus I yaitu 74,33% menjadi 77,63% pada siklus II dan 79,27% pada siklusIII. Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran aktif everyone is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Kata Kunci : Strategi pembelajaran aktif everyone is a teacher here, hasil belajar.
- xiii, 229 hlm, : ilus