Pengembangan Multimedia Interaktif Momentum dan Impuls Berbasis Permaian Tradisional pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X sekolah Menengah Atas
Main Author: | Novianty Sukma Jaya |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=10062 http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Telah dihasilkan multimedia interaktif momentum dan impuls berbasis permainan tradisional yang valid, praktis dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: 1) tahap perencanaan; 2) tahap pengembangan; dan 3) tahap evaluasi; menggunakan model evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari lima tahap, yaitu: (1) self evaluation; (2) expert review; (3) one-to-one evaluation; (4) small group; dan (5) field test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli, angket tanggapan peserta didik, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian pada tahap expert review menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan persentase rerata total validator sebesar 86,68% dan untuk kepraktisan multimedia pada tahap one-to-one evaluation persentase rerata 96,21%, sedangkan pada tahap small group persentase rerata 92,42% sehingga diperoleh persentase rerata total 94,31% dengan kategori sangat praktis. Multimedia yang telah dihasilkan juga memiliki efek potensial terhadap hasil belajar.Kata kunci: Multimedia interaktif, momentum dan impuls, permainan tradisional
- xii, 190 hlm, : ilus