Pembentukan Karakter Peduli dan Berbudaya Lingkungan bagi Peserta Didik di Madrasah Melalui Program Adiwiyata

Main Authors: Hafida, Nur, Wahid, Abdul Hamid
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan , 2019
Online Access: http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/view/3295
http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/view/3295/2434
Daftar Isi:
  • This paper presents the formation of caring and environmentally friendly characters for students in the madrasah. Along with the increasing number of environmental problems, it is important and urgent to intensify the environmental care movement in the context of education, so that the green school and green curriculum concept is created, which is realized through the adiwiyata program. This study used a qualitative method with a case study, with a research site at Probolinggo MTs Negeri 1 Probolinggo. The results showed that, the challenges and character formation of caring and cultured students include; the first is the low level of public support for the adwiyata program, both parents' support that has not been optimal in realizing caring and cultured madrasas. The three times changes that are increasingly advanced make all human needs easily met with the help of machines. While the strategy of character building for caring and environmentally friendly students through the adiwiyata program is carried out through; the first is the formation of characters integrated in learning activities, second through the formation of madrasa culture, the third is extracurricular activities, fourth involves families and communities
  • Tulisan ini menyajikan tentang pembentukan karakter peduli dan berbudaya lingkungan bagi peserta didik di madrasah. Seiring dengan semakin banyaknya permasalahan lingkungan hidup, menjadi hal penting dan mendesak untuk semakin menggencarkan gerakan peduli lingkungan hidup dalam konteks pendidikan, sehingga melahirkan konsep green school dan green curriculum, yang diwujudkan melalui program adiwiyata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan situs penelitian di MTs Negeri 1 Probolinggo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tantangan dan pembentukan karakter peserta didik yang peduli dan berbudaya lingkungan, meliputi; pertama rendahnya dukungan masyarakat terhadap program adwiyata, Kedua dukungan  orang tua yang belum optimal dalam mewujudkan madrasah  peduli dan berbudaya lingkungan, Ketiga perubahan zaman yang semakin maju membuat segala kebutuhan manusia mudah terpenuhi dengan bantuan mesin. Sedangkan strategi pembentukan karakter peserta didik peduli dan berbudaya lingkungan melalui program adiwiyata dilakukan melalui; pertama pembentukkan karakter yang diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran, Kedua melalui pembentukan budaya madrasah, Ketiga kegiatan ekstrakulikuler, Kempat melibatkan keluarga dan masayarakat.