ANALISIS PROSES PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN BERBASIS TOPENG MALANGAN

Main Authors: Werdiningtiyas, Ratih Kartika, Widowati, Retno
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) , 2018
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/255
http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/255/248
Daftar Isi:
  • AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalis proses pengembangan media pembelajaran, senibudaya dan keterampilan berbasis topeng Malang di SDN Sidorejo 1 dengan metode penelitiankualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian d i SDN Sidorejo 1 adalah berjumlah 22 siswa.Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti untuk memperoleh data-data yangdibutuhkan dalam penelitian adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisisawal-akhir: Guru kelas V di SDN Sidorejo 1 merasa kesulitan dalam menyampaikan materi ajarseni budaya dan keterampilan. Analisis siswa secara intelektual anak cukup mampu untukberpikir kritis, secara emosional anak masih kekanak-kanakan, sedangkan kondisi sosialdihubungkan dengan kegiatan seni yang ada di lingkungannya beberapa anak belum mengenalkesenian yang ada dilingkungannya. Analisis tugas juga disesuaikan dengan tujuan pembelajaranserta indikator yang akan dicapai. Siswa sebelumnya diadakan sebuah pretest dan kemudiannantinya disesuaikan dengan SK dan KD serta tujuan pembelajarannya. Konsep pengembanganyang dilakukan adalah analisis SK dan KD yang disesuaikan dengan budaya lokal daerahsetempat yaitu topeng malang. Tujuan pembelajaran yang tersusun ialah siswa dapat memahamidan menerapkan gambar dekoratif dengan motif hias yang berbasis topeng malang.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Seni Budaya dan Keterampilan, Topeng Malang AbstractThis research aims to analyze the process of developing teaching material of art and culture andalso skill based on Malang Mask in SDN Sidorejo 1 by using descriptive qualitative. Researchsubjects is 22 students. The method used is observation, interview, and documentation.Preliminary analysis: Grade V teacher at SDN Sidorejo 1 finds difficulty in delivering culturaland skill teaching materials. Students' intellectual analysis of children is quite capable to thinkcritically, the student is still childish emotionally, while social conditions associated with theexisting art activities in the environment is some children have not known the art that exist in theenvironment. Task analysis is also adjusted to the learning objectives and indicators to beachieved. Students previously held a pretest and then later adjusted to indicators and learningobjectives. The concept of development is the analysis of competency in learning objectives andindicators that are adapted to the local culture of the local area, namely the Malang Mask.Learning objectives are composed to students so can understand and apply decorative imageswith ornamental motifs based on Malang Mask.Keywords: Learning Media, Art and Culture Skill, Malang Mask