IMPLEMENTASI PELAYANAN KOPERASI JASA KEUANGAN SYARI’AH BAITUL MAAL WATTAMWIL (KJKS BMT) AMANAH SEJAHTERA KAMPUNG JUA NAN XX KECAMATAN LUBUK BEGALUNG KOTA PADANG
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Implementasi Pelayanan Koperasi Jasa Keuangan Syari’ah Baitul Maal Wat-Tamwil (KJKS BMT) Amanah Sejahtera Kampung Jua Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang” diteliti oleh Wahyu Purnama, NIM : 1412030383, Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ketertarikan peneliti terhadap Implementasi Pelayanan Koperasi Jasa Keuangan Syari’ah Baitul Maal Wat-Tamwil (KJKS BMT) Amanah Sejahtera Kampung Jua Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Diketahui bahwa kualitas pelayanan merupakan suatu esensi yang penting bagi kelangsungan hidup suatu badan usaha. KJKS BMT harus memberikan pelayanan yang baik, hal ini bisa dilihat dari hasil kepuasan anggota serta cara pimpinan dan pengurus dalam memberikan pengawasan yang tergabung dalam KJKS BMT Amanah Sejahtera Kampung jua Nan XX. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Pelayanan Koperasi Jasa Keuangan Syari’ah Baitul Maal Wat-Tamwil (KJKS BMT) Amanah Sejahtera Kampung Jua Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang, sedangkan batasan masalahnya adalah Bentuk-bentuk pelayanan yang diberikan dan cara pengurus KJKS BMT Padang Amanah Sejahtera Kampung Jua Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang kepada anggota yang bergabung dengan KJKS BMT. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, lokasi penelitian ini di kawasan kelurahan Kampung Jua Kecamatan Lubuk Begalung Nan XX. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Informan sebagai sumber data primer dalam penelitian ini adalah para pimpinan di berbagai bidang pada Baitul Maal Wat-Tamwil (KJKS BMT) Amanah Sejahtera Kampung Jua Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang , sedangkan data sekunder adalah arsip-arsip, dokumentasi dan lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan diketahui bahwa: a) Bentuk-bentuk pelayanan yang diberikan pelayanan sudah dilakukan dengan baik oleh para pengurus secara keseluruhan, berbagai upaya telah mereka lakukan untuk merekrut anggota, dengan bertambahnya anggota maka akan mudah untuk mencapai tujuan dari didirikannya KJKS BMT Padang Amanah Sejahtera Kampung Jua Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang, b) Cara Pengurus dalam mewujudkan budaya kerja dengan melakukan pelayanan yang baik dan sesuai dengan aturan syari’at Islam, pengrurus sudah menerapkan ajaran syari’at Islam dengan baik, berbagai permasalahan yang ada mereka tanggapi dalam bentuk komunikasi, serta memberikan pemahaman berkelanjutan kepada anggota yang ada.