Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi Dan Biaya Distribusi Terhadap Penjualan Mebel Di Sentral Jepara Padang”. Disusun oleh Missha Vitria Sari Nim: 1513060210, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya produksi, biaya promosi dan biaya distribusi terhadap penjualan. Penjualan meningkat bila keuntungan yang didapatkan lebih besar dari biaya-biaya yang dikeluarkan. Perusahaan harus lebih selektif dalam menjual produk, sehingga target penjualan yang telah direncanakan oleh perusahaan dapat tercapai secara optimal dengan biaya-biaya yang efektif dan efesien. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan informan kunci. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan Sentral Jepara Padang. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah laporan bulanan yang berupa biaya produksi, biaya promosi, biaya distribusi dan penjualan perusahaan tahun 2017-2019 yaitu berjumlah 36 sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil dari pengujian hipotesis di dalam penelitian ini menunjukkan bahwa biaya produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan, hal ini terbukti dengan hasil thitung1,938> ttabel1,688 dengan nilai signifikansi 0,003. Biaya promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan, hal ini terbukti dengan hasil thitung 1,864> ttabel 1,688 dengan nilai signifikansi 0,047. Biaya distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan, hal ini terbukti dengan hasil 1,776> ttabel 1,688dengan tingkat signifikansi 0,001. Kata kunci:Biaya Produksi, Biaya Promosi, Biaya Distribusi, Penjualan