PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH SIMPANAN PADA KOPERASI BMT AT-TAQWA MUHAMMADIYAH KOTA PADANG
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi ini disusun oleh Asih Famayani NIM : 1513060128. Program Studi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang dengan judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Simpanan Pada Koperasi BMT At-Taqwa Muhammadiyah Kota Padang”. Penelitian ini bertujuan untuk melihat: (1) pengaruh bukti fisik, terhadap kepuasan nasabah BMT At-Taqwa Muhammadiyah Kota Padang, (2) pengaruh kehandalan terhadap kepuasan nasabah BMT At-Taqwa Muhammadiyah Kota Padang, (3) pengaruh daya tanggap, terhadap kepuasan nasabah BMT At-Taqwa Muhammadiyah Kota Padang, (4) pengaruh bukti fisik, kehandalan dan daya tanggap, secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah BMT At-Taqwa Muhammadiyah Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Nasabah simpanan BMT At-Taqwa Muhammadiyah di Kota Padang. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode rumusan sampel Slovin. Penelitian ini adalah penelitian regresi linear berganda. Berdasarkan hasil pembahasan sebelumnya dapat diambil kesimpulan yaitu: Variabel bukti fisik (X1) dengan nilai koefisien regresi positif sebesar 0,217 terhadap kepuasan nasabah (Y) dan nilai thitung>ttabel (2,195 >1,98) dengan tingkat signifikansi 0,031< 0,05. Dimana variabel bukti fisik (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y). Variabel kehandalan (X2) dengan nilai koefisien regresi positif sebesar 0,213 terhadap kepuasan nasabah(Y) dan nilai thitung>ttabel (2,102 > 1,98) dengan tingkat signifikansi 0,038< 0,05. Dimana variable kehandalan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y).Variabel daya tanggap(X3) dengan nilai koefisien regresi positif sebesar 0,167 terhadap kepuasan nasabah (Y) dan nilai thitung>ttabel (2,320 > 1,98) dengan tingkat signifikansi 0,022< 0,05. Dimana variable daya tanggap (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y).Variabel bukti fisik (X1), kehandalan (X2), dan daya tanggap (X3) secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (Y) dapat dilihat dari nilai Fhitung>Ftabel (7,228> 3,95) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Kata kunci: Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Kepuasan Nasabah.