ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BUBUK KOPI SAHABAT BARU
Daftar Isi:
- ABSTRAK Mulya Fitra Dewi NIM : 1513060004 Analisis Strategi Pemasaran Bubuk Kopi Sahabat Baru : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Imam Bonjol Padang. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Strategi Pemasaran apakah yang sebaiknya dilakukan oleh Bubuk Kopi Sahabat Baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi alternatif yang sebaiknya dilakukan oleh Bubuk Kopi Sahabat Baru berdasarkan analisis SWOT dan pada penerapan pemasaran. Untuk memahami permasalahan ini, peneliti menggunakan teori analisis lingkungan internal dan analisis lingkungan eksternal yang dikemukakan oleh Amstrong. Penelitian ini telah dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan pengumpulan dokumen. Analisis lingkungan internal Bubuk Kopi Sahabat Baru terdiri dari Strength ( kekuatan ) dan weakness ( kelemahan ) ada enam kekuatan yang dtemukan yaitu modal sendiri, lokasi yang strategis, bahan baku yang mudah didapatkan, memiliki kinerja yang baik, harga produk yang murah, dan produk yang berkualitas. Sedangkan weakness (kelemahan) tidak tersusun manajemen secara sistematis, minimnya kegiatan promosi, minimnya modal yang dimiliki, minimnya sarana dan prasarana yang dimiliki dan tidak adanya riset dan pengembangan produk. Analisis lingkungan eksternal Bubuk Kopi Sahabat Baru terdiri dari Opportunitis dan threats. Opportunity-nya adalah banyaknya agen distributor, pangsa pasar yang luas dan ketersedian bahan baku yang melimpah sedangkan Threats-nya pesaing yang bergerak dalam bidang yang sama, naiknya bahan baku, selera konsumen yang beragam, pola hidup masyarakat yang sudah modern dan daya beli masyarakat yang rendah. Ada tiga Strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh Usaha Bubuk Kopi Sahabat Baru, yaitu: Mengisi dan meningkatkan peluang pasar yang tersedia serta mempertahankannya produk. Seperti mengembangkan produk dengan perubahan zaman dan mengikuti tren masa kini, Memanfaatkan teknologi untuk melakukan promosi dalam perkembangan zaman. Dengan melakukan promosi melalui media sosial, seperti memanfaatkan teknologi handpon. Minsalkan melalui facebook atau whatsapp, Meningkatkan sarana dan prasarana dalam melakukan suatu kegiatan usaha. Menambah lagi sarana dan prasarana dalam meningkatkan kelancaran suatu usaha, seperti alat transport dan perlengkapan-perlengkapan lainnya. Kata kunci : Strategi, Pemasaran, Analisis SWOT, Industri kopi