Pelaksanaan Peminatan dalam Memantapkan Minat Vokasional Peserta Didik oleh Guru BK di SMKN 4 Padang
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Peminatan dalam Memantapkan Minat Vokasional Peserta Didik oleh Guru BK di SMKN 4 Padang.” yang disusun oleh Wila Maulidawati, 1314030570 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Latar belakang penelitian ini adalah terdapat peserta didik yang tidak sesuai pilihan dan minatnya berada di jurusan yang ia jalani pada saat ini, belum terlaksananya pelayanan bimbingan dan konseling dalam memantapkan minat vokasional peserta didik secara optimal dan menyeluruh kepada peserta didik serta belum teridentifikasinya potensi diri, prestasi belajar dan prestasi non akademik yang diperoleh, cita-cita, minat belajar dan perhatian orang tua secara keseluruhan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan peminatan dalam memantapkan minat vokasional peserta didik oleh guru BK di SMKN 4 Padang . Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui : informasi yang diberikan oleh guru BK kepada peserta didik baru, data yang dikumpulkan oleh guru BK dalam memantapkan minat vokasional peserta didik, pemilihan dan penetapan minat vokasional peserta didik oleh guru BK dan pendampingan peminatan peserta didik yang dilakukan oleh guru BK. Metode penelitian adalah kualitatif dengan jenis penilitian field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpul data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi serta dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan : Informasi tentang program pendidikan yang ada di SMKN 4 Padang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling kepada masyarakat dan calon peserta didik baru melaui brosur yang berisi informasi tentang profil sekolah secara umum yang sudah di persiapkan bersama pihak sekolah. Pengumpulan data peserta didik dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dengan menggunakan teknik non tes yang terdiri dari dokumentasi, angket, wawancara dan observasi, guru bimbingan dan konseling mengumpulkan data prestasi belajar peserta didik berdasarkan buku raport peserta didik kelas VII, VIII, IX, di SMP/MTs, data identitas diri, peminatan belajar, minat mata pelajaran, minat pekerjaan, minat jabatan dan studi lanjut ke perguruan tinggi. Pemilihan peminatan dilakukan oleh peserta didik sendiri yang di dampingi oleh orangtua, sedangkan penetapan peminatan peserta didik dilakukan melalui sistem yang kelola oleh pihak dinas pendidikan provinsi secara online yang disebut dengan PPDB online. Setelah peminatan peserta didik ditetapkan, guru bimbingan dan konseling melakukan pendampingan kepada peserta didik dengan memberikan pemantapan terhadap peminatan peserta didik dengan cara individual, kelompok dan juga klasikal.