Pengaruh Gaya Hidup dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kopi (Studi Kasus Konsumen Sukokopi di Kota Padang)
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul “Pengaruh Gaya Hidup dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kopi studi kasus Konsumen Sukokopi di Kota Padang”. Disusun oleh Muhammad Firhan Hanifi Alwin, NIM 1513060136. Program Studi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk melihat: (1) bagaimana pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian kopi pada konsumen Sukokopi di Kota Padang, (2) bagaimana pengaruh harga terhadap keputusan pembelian kopi pada konsumen Sukokopi di Kota Padang, dan (3) bagaimana pengaruh gaya hidup dan harga terhadap keputusan pembelian kopi pada konsumen Sukokopi di Kota Padang, Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang orang yang kebetulan ditemui cocok sebagai sumber data. Gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.kopi pada konsumen Sukokopi, diperoleh thitung 4,457 dan nilai ttabel 1,660, sehingga dapat diketahui bahwa thitung 4.423 > ttabel 1,660 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.kopi pada konsumen Sukokopi, diperoleh thitung 2,894 dan nilai ttabel 1,660, sehingga dapat diketahui bahwa thitung 2,894 > ttabel 1,660 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Gaya hidup dan harga berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian kopi pada konsumen Sukokopi dengan nilai fhitung 25.506 > ftabel 3,09 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Nilai adjusted (R Square) sebesar 0,345. Variabel bebas yakni gaya hidup dan harga memiliki kontribusi secara bersama-sama sebesar 34,5 sedangkan sisanya sebesar 65,5% dijelaskan oleh faktor-faktor lain. Kata Kunci: Gaya Hidup, Harga, Keputusan Pembelian