Pengaruh Relationship Marketing Terhadp Loyalitas Nasabah Pensiunan (Studi Kasus: Bank Syariah Mandiri Simpang Ampek Pasaman Barat)
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Pensiunan (Studi kasus: Bank Syariah Mandiri Simpang Ampek Pasaman Barat)” yang disusun oleh Yoga Pratama, NIM. 1513060184, Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Imam Bonjo Padang Tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Relationship Marketing terhadap loyalitas nasabah pensiunan Bank Syariah Mandiri Simpang Ampek Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan populasi adalah nasabah pensiunan lama menjadi nasabah > 1 tahun, nasabah consumer, dan nasabah proritas. Sampel sebanyak 85 0rang nasabah dengan menggunakan teknik Slovin. Teknik pengumpulan data adalah dengan cara kuesioner. Teknik analisis data dengan regresi linear berganda dan uji f (simultan) dan t (parsial). Variabel komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah pensiunan Bank Syariah Mandiri Simpang Ampek Pasaman Barat. Hal ini dapat dilihat dari nilai regresi linear berganda sig 0,003 < α = 0,05. Artinya semakin baik komitmen maka akan semakin baik loyalitas nasabah pensiunan Bank Syariah Mandiri Simpang Ampek Pasaman Barat. Variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas Bank Syariah Mandiri Simpang Ampek Pasaman Barat. Hal ini dapat dilihat dari nilai regresi linear berganda sig 0,000 < 0,05. Artinya semakin baik kepercayaan, maka akan semakin tinggi loyalitas nasabah terhadap Bank Syariah Mandiri Simpang Ampek Pasaman Barat. Kata kunci: Loyalitas Nasabah Pensiunan dan Relationship Marketing