PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU KONSUMSI SISWA KOTA PADANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Pengaruh Game Online terhadap Perilaku Konsumsi Siswa di Kota Padang” yang disusun oleh Imbron, NIM 1313060604. Prodi Ekonomi Syaria’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang Tahun 2020. Apabila seseorang ingin bermain game online membutuhkan biaya yang banyak, apalagi bagi seseorang yang sudah mendapat kecanduan dalam bermain game tersebut. Disamping biaya untuk membeli data paket supaya bisa mengakses game tersebut, mesti harus mengeluarkan biaya lebih besar lagi karena didalam game tersebut pastilah kita dikenalkan dengan namamicro transaction atau dapat disebut pembelian item dalam game. Alasan utama seorang individu melakukan micro transaction adalah untuk mendapatkan barang yang menarik maupun barang langka yang hanya ada pada periode tersebut. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana pengaruh game online terhadap perilaku konsumsi siswa di Kota Padang?”. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah penulis melakukan penelitian kepada siswa yang bermain game online. Adapun penelitian ini akan lebih difokuskan kepada pemain game online yang masih dalam kategori usia sekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh game online terhadap perilaku konsumsi anak sekolah di kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif dan kausatif. Sampel sesuai dengan yang dibutuhkan dalam penelitian ini sebanyak 120 siswa.Menggunakan tekniksnowball sampling. Instrumen penelitian terdiri dari kuesioner . Data diolah menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20. Hasil pengujian menunjukkan bahwa koefisien determinasi (R2) sebesar 0,55 atau 55%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa 55 % perilaku konsumsi siswa di kota Padang dipengaruhi oleh Game Online. Sedangkan sisanya yaitu 45 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata kunci: Game Oline, Perilaku Kosumsi, Siswa