PENGARUH PERSEPSI RESIKO TERHADAP BELANJA ONLINE (Studi Kasus Mahasiswa Kota Padang)
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi ini disusun oleh Yuni Anita, NIM.1513060160. Program Studi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang dengan judul “Pengaruh Persepsi Resiko Terhadap Belanja Online (Studi Kasus Mahasiswa Kota Padang)”. Penggunaan belanja online (online shop) pada saat sekarang semakin berkembang dan peningkatan serta menjadi trend. Seiring dengan peningkatannya tentunya dalam belanja online juga memiliki resiko yang mungkin saja diterima oleh konsumen, seperti resiko finansial yang dapat dialami ketika kondisi keuangan konsumen memburuk akibat suatu pembelian, resiko sosial yang berhubungan dengan kekhawatiran konsumen, resiko kinerja kekhawatiran terhdap suatu produk yang dengan yang diharapkan, resiko waktu berhubungan dengan kerugian dan kehilangan atau sia-sia waktu akibat suatu barang dan resiko psikologi berhubungan dengan kekhawatiran hilangnya citra diri (image) Penelitian ini bertujuan menguji bagaimana pengaruh persepsi resiko terhadap belanja online. Objek penelitian adalah Mahasiswa Kota Padang yang belanja online. Sampel dalam peneltian ini sebanyak 150 responden yang dipilih secara acak berdasarkan metode cluster sumpling. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan program Analisis Regresi Multinomial Logistik. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa berdasarkan perhitungan logistik 1 pengaruh persepsi resiko bepengaruh signifikan dengan nilai 0,000 < 0,05 terhadap belanja online dengan kategori sedang (Universitas di Kota Padang). Sedangkan pada logistik 2 pengaruh persepsi resiko tidak bepengaruh signifikan dengan nilai 0,158 > 0,05 terhadap belanja online dengan kategori tinggi (Universitas di Kota Padang). Kata kunci : Persepsi Resiko, Belanja Online