PENGARUH RETAIL MARKETING MIX DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO BUKU SARI ANGGREK
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana “Pengaruh Retail Marketing Mix dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Buku Sari Anggrek”. Disusun oleh Chimpia Junisa, BP 1513060126, Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Padang tahun 2020. Penelitian ini dilatar belakangi dengan berkembangannya bisnis retail pada saat ini diKota – kota besar seperti di toko buku sari anggrek yang menyediakan berbagai macam produk seperti buku dan terdapatnya store atmosphere (suasana toko) yang nyaman dan yang menyenangkan bagi konsumen, sehingga menjadi pertimbangan konsumen dalam memutuskan pembelian suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh Retail Marketing Mix terhadap keputusan pembelian di Toko Buku Sari Anggrek, untuk mengetahui pengaruh Store Atmosphere terhadap keputusan pembelian di Toko Buku Sari Anggrek, dan untuk mengetahui pengaruh Retail Marketing Mix dan Store Atmosphere secara bersamaan terhadap keputusan pembelian di Toko Buku Sari Anggrek. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumennya dan diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data yang dilakukan dengan memberi daftar pertanyaan kepada responden dengan 2 cara yaitu dengan oline dan penelitian dilapangan. Memberikan pertanyaan lewat online dengan mengirimkan link kuesioner dari google draft kepada followers akun social media Instagram toko buku sari anggrek dan sebagian daftar pertanyaan kepada responden melalui penelitian lapangan kuesioner yang disebarkan kepada responden yang yang pernah membeli buku toko buku sari anggrek. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Retail Marketing Mix berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko Buku Sari Anggrek yang ditunjukkan dengan nilai t hitung besar dibandingkan t table (t hitung 8,067 > 1,661 t table) dan nilai signifikansi t hitung sebesar 0,000<0,05. Store Atmosphere tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian di Toko Buku Sari Anggrek yang 0,390< 1,661 t table) dan nilai signifikansi t hitung sebesar 0,698<0,05. Berdasarkan uji F Retail Marketing Mix dan Store Atmosphere berpengaruh dan signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian di Toko Buku Sari Anggrek ditunjukkan dengan nilai f hitung 84,858 > f table 3,09 dan nilai signifikansi f hitung sebesar 0,000 < 0,05. Uji Determinasi (R2) sebesar 0,636. Ini berarti 63,6% keputusan pembelian dipengaruhi oleh Retail Marketing Mix dan Store Atmosphere, sedangkan sisanya 36,4% dapat dijelaskan melalui variable lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata Kunci : Retail Marketing Mix, Store Atmosphere dan Keputusan Pembelian