ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN MASYARAKAT MEMILIH MENJADI DRIVER GOJEK (GO-RIDE) DI KOTA PADANG
Daftar Isi:
- ABSTRAK Judul skripsi ini adalah “Analisis Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Masyarakat Memilih Menjadi Driver Gojek (Go-Ride) Di Kota Padang”. Disusun oleh Raihanatu Qalbi, NIM: 1513060152. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Gojek mulai beroperasi di Kota Padang pada tanggal 1 April 2017. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah driver Gojek hingga bulan November 2017 berjumlah ± 6.000 driver. Driver Gojek di Kota Padang terdiri dari semua kalangan, mulai dari mahasiswa, pengangguran, ibu rumah tangga bahkan orang yang sudag bekerja pun ikut berpartisipasi menjadi driver Gojek. Hal ini dikarenakan tidak ada batasan untuk menjadi mitra Gojek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat menjadi driver Gojek di Kota Padang dan untuk mengetahui perubahan pendapatan driver Gojek setelah kebijakan tarif baru Gojek. Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara kepada driver Gojek di Kota Padang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel 60 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu proses penyederhanaan data ke dalam bentuk yang lebih mudah dibaca. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat 4 faktor yang menyebabkan masyarakat menjadi driver Gojek, diantaranya: 1) tuntutan ekonomi, dimana kehadiran Gojek mampu mengatasi masalah ekonomi di Kota Padang. 2) faktor waktu fleksibel, dimana tidak adanya aturan terkait jam kerja membuat driver Gojek tidak terikat dan bebas menentukan waktu bekerja. 3) Faktor ketiga adalah relasi, faktor relasi juga menjadi pilihan untuk menjadi driver Gojek berupa tambah teman dan menambah wawasan. Relasi tidak hanya dibangun antar sesama driver, namun juga antara driver dengan konsumen. 4) butuh pekerjaan, dimana pekerjaaan menjadi driver Gojek merupakan salah satu jalan keluar ditengah sulitnya mencari pekerjaan. Perubahan pendapatan driver Gojek setelah kebijakan kenaikan tarif berpengaruh terhadap penurunan pendapatan driver Gojek. Perubahan pendapatan setelah adanya kebijakan kenaikan tarif berpengaruh terhadap penurunan pendapatan driver Gojek yaitu sebesar 56%, penurunan paling rendah sebesar 18%, sedangkan penurunan pendapatan paling tinggi sebesar 73%. sehingga para konsumen beralih ke perusahaan sejenis seperti Maxim karena dinilai lebih murah dibandingkan dengan Gojek. Kata Kunci: Faktor-Faktor, Driver Gojek, Kebijakan Kenaikan Tarif