TRIYONO (1512010083) LITERASI MAHASISWA TERHADAP KONTEN DAKWAH MELALUI APLIKASI WHATSAPP MESSENGER DI FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN)IMAM BONJOL PADANG
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi ini berjudul Literasi Mahasiswa Terhadap Konten Dakwah Melalui Aplikasi WhatsApp Messenger di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Disusun oleh Triyono BP. 1512010083 pada Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Bertujuan agar pesan dakwah lebih cepat tersampaikan kepada mad’u-nya, konsep dakwah kontemporer yang menggabungkan antara aktivitas dakwah dan penggunaan teknologi informasi, sangat diperlukan dalam penyampaian pesan dakwah untuk menarik perhatian mitra dakwah. Namun penggunaan aplikasi WhatsApp Messenger sebagai media dakwah guna menyebarkan informasi tentang Islam seharusnya didasari dengan tindakan preventif berupa monitoring dan prosedur check and re-check sebelum membagikan pesan dakwah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dan perilaku yang dapat diamati. Informan dalam penelitian ini berjumlah 16 (enam belas) mahasiswa dengan pembagiannya, yaitu sebanyak 2 orang mahasiswa atau mahasiswi pada semester 5 dan semester 7 pada semua jurusan di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) dengan menggunakan teknik purposive sampling dalam pemilihan informannya. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara terstruktur dan dokumentasi WhatsApp Messenger guna mendapatkan data penelitian. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Literasi media mahasiswa terhadap konten dakwah melalui aplikasi WhatsApp Messenger adalah semua elemen literasi media yang dikemukakan oleh Art Silverblatt, telah dipahami dan dipraktikkan oleh Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Selain itu, padatnya aktivitas pengajaran, penelitian dan pengabdian menyebabkan kegiatan literasi media yang berkesinambungan di UIN IB Padang khususnya FDIK belum dapat dijalankan. Di sisi lain, kemampuan Mahasiswa FDIK dalam mengkritisi isi pesan media WhatsApp Messenger telah mencapai tingkat menengah, 2) Dampak literasi mahasiswa terhadap konten dakwah melalui aplikasi WhatsApp Messenger, yaitu mayoritas Mahasiswa FDIK telah mengetahui, memahami, dan memahami isi pesan dakwah yang diterimanya melalui fitur group chat, fitur personal chat, maupun fitur status. Mahasiswa FDIK juga mengalami adanya perubahan pada aspek afektif dan aspek behavioral pada diri mereka. Di mana perubahan tersebut terjadi setelah adanya perubahan pada aspek kognitif, setelah mereka menerima konten dakwah melalui aplikasi WhatsApp Messenger.