Sejarah Pondok Pendidikan Islam Darul Ulum Aie Pacah
Main Author: | Muhammad, Fauzi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinib.ac.id/8783/2/cover%20dll.pdf http://repository.uinib.ac.id/8783/3/BAB%20I.pdf http://repository.uinib.ac.id/8783/4/BAB%20II.pdf http://repository.uinib.ac.id/8783/5/BAB%20III.%201docx.pdf http://repository.uinib.ac.id/8783/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uinib.ac.id/8783/7/full.pdf http://repository.uinib.ac.id/8783/ |
Daftar Isi:
- Muhammad Fauzi, NIM: 1511020002 Sejarah Pondok Pendidikan Islam Darul Ulum Aie Pacah, 1991-2018: Jurusan Sejarah Peradaban Islam (SPI) Fakultas Adab dan Humaniora UIN Imam Bonjol Padang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: ”Bagaimana Sejarah dan Perkembangan Pondok Pendidikan Islam Darul Aie Pacah. Penelitian bermaksud untuk mengetahui sejarah dan Perkembangan Pondok Pendidikan Islam Darul Ulum Aie Pacah. Untuk mencapai tujuan penelitian dilakukan mengunakan metode penelitian sejarah dengan tahap seperti: heuristik, kritik sumber,sintesis dan penulisan (Historiografi). Hasil Penelitian skripsi adalah Pertama: Pondok Pendidikan Islam Darul Ulum didirikan pada tahun 1991 yang didirikan oleh Tengku Buya Darmis dan dibantu masyarakat sekitar. Pondok pendidikan ini berdiri sejak berdirinya tahun 1991 dan batasan penelitian penulisan sampai tahun 2018, mengalami perkembangan, antara lain Pertama, sarana dan prasana, awalnya masih sangat sederhana namun pada 2018 sudah cukup lengkap bagi proses pembelajaran. Kedua, jumlah murid pada awal berdiri jumlahnya 3 orang dan tahun 2018 sudah berkembang menjadi 303 orang. Pada awal berdirinya pondok pendidikan darul ulum diasuh langsung oleh buya Darmis tapi tahun 2018 sudah diasuh oleh 28 orang guru. Ketiga, faktor pendukung perkembangan pondok pendidikan Islam Darul Ulum Aie Pacah Padang, antara lainnya masih berperannya buya Darmis dalam proses pembelajaran dan menjadi pengasuh sekaligus guru mengajar dan adanya di bantu oleh para alumni, sementara faktor penghambat perkembangan Pondok Pendidikan Islam masih kurangnya sarana dan prasana seperti ruangan belajar masih belum lengkap, asrama tempat santriwan/ti tidur, MCK, dan kekurangan air untuk mandi.