Pengaruh Variety Seeking dan Ketidakpuasan Konsumen Terhadap Perpindahan Merek (Brand Switching) pada Produk Kartu Seluler” (Studi pada Mahasiswa FEBI UIN Imam Bonjol Padang)
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul “Pengaruh Variety Seeking dan Ketidakpuasan Konsumen Terhadap Perpindahan Merek (Brand Switching) pada Produk Kartu Seluler (Studi pada Mahasiswa FEBI UIN Imam Bonjol Padang)”. Disusun oleh Irfan Abdi Maroza, NIM 1513060200. Program Studi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 2020. Mahasiswa merupakan salah satu target pasar yang sangat berpotensi untuk perusahaan layanan seluler, kebutuhan akan alat komunikasi sangat beragam bagi mahasiswa, sehingga mahasiswa berkeinginan untuk mencari variasi pada kartu seluler yang akan digunakan. Tidak sesuainya layanan seluler dengan yang di harapan konsumen juga membuat konsumen untuk memilih merek lain, hal ini mereka lakukan untuk mendapatkan kepuasan yang mereka inginkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat: bagaimana pengaruh variety seeking terhadap perpindahan merek pada produk kartu seluler, bagaimana pengaruh ketidakpuasan konsumen terhadap perpindahan merek pada produk kartu seluler, dan bagaimana pengaruh variety seeking dan ketidakpuasan konsumen terhadap perpindahan merek pada produk kartu seluler. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik insidental sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa variety seeking berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek pada produk kartu seluler yang ditunjukkan dengan nilai thitung 4,669 besar dibandingkan ttabel 1,661 dengan nilai signifikan 0,000 kecil dari 0,05. Dan ketidakpuasan konsumen juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek pada produk kartu seluler yang ditunjukkan dengan nilai thitung 6,068 besar dari ttabel 1,661 dengan nilai signifikan 0,000 kecil dari 0,05. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa variety seeking dan ketidakpuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek pada produk kartu seluler, hal ini dibuktikan dengan hasil analisis Fhitung 61,219 besar dari Ftabel 3,09 dengan nilai signifikan 0,000 kecil dari 0,05. Kata Kunci: Variety Seeking, Ketidakpuasan Konsumen, Perpindahan Merek