PENGARUH GAYA HIDUP DAN KELOMPOK ACUAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BUSANA MUSLIMAH (Studi Kasus Mahasiswi di Kota Padang)
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul “Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslimah (Studi Kasus : Mahasiswi Di Kota Padang)”. Disusun oleh Kiki Deswita Sari, NIM 1513060202. Program Studi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk melihat: (1) bagaimana pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian busana muslimah pada mahasiswi di Kota Padang, (2) bagaimana pengaruh kelompok acuan terhadap keputusan pembelian busana muslimah pada mahasiswi di Kota Padang, dan (3) bagaimana pengaruh gaya hidup dan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian busana muslimah pada mahasiswi di Kota Padang, Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang orang yang kebetulan ditemui cocok sebagai sumber data. Gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian busana muslimah, diperoleh thitung 4,665 dan nilai ttabel 1,660, dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kelompok acuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian busana muslimah pada mahasiswi di Kota Padang. Diperoleh thitung 3,547 dan nilai ttabel 1,660, sehingga dapat diketahui bahwa thitung 3,547 > ttabel 1,660 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Gaya hidup dan kelompok acuan berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian kopi pada konsumen Sukokopi dengan nilai fhitung 100,255 > ftabel 3,09 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Nilai adjusted (R Square) sebesar 0,674. Variabel bebas yakni gaya hidup dan gaya hidup memiliki kontribusi secara bersama-sama sebesar 67,4 % sedangkan sisanya sebesar 32,6% dijelaskan oleh faktor-faktor lain. Kata Kunci: Gaya Hidup, Kelompok Acuan, Keputusan Pembelian