Daftar Isi:
  • v ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Peran Pengasuh dalam Membina Akhlak di Panti Sosial Asuhan Anak Bina Remaja Budi Utama Lubuk Alung” disusun oleh Muhammad Harbi Nim 1512020069, Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negri Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini berdasarkan adanya permasalahan di Panti Sosial Asuhan Anak Bina Remaja Budi Utama Lubuk Alung, permasalahan tersebut adalah program pembinaan akhlak anak asuh, sebahagian peran pengasuh belum berjalan secara optimal dalam membina akhlak anak asuh. Berdasarkan masalah tersebut penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut dalam bentuk skripsi yang berjudul Peran Pengasuh Dalam Membina Akhlak di Panti Sosial Asuhan Anak Bina Remaja Budi Utama Lubuk Alung. Penulis memberikan rumusan masalah yaitu bagaimana peran pengasuh dalam membina akhlak di Panti Sosial Asuhan Anak Bina Remaja Budi Utama Lubuk Alung, dengan batasan masalah dari penelitian ini adalah tentang pendeskripsian peran pengasuh sebagai pendidik, peran pengasuh sebagai pendorong, peran pengasuh sebagai panutan dan teladan dan peran pengasuh sebagai pengawas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) Peran pengasuh sebagai pendidik, (2) Peran pengasuh sebagai pendorong, (3) Peran pengasuh sebagai panutan atau teladan, (4) Peran pengasuh sebagai pengawas. Penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan “field research” dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Sumber Data dari penelitian ini yaitu sumber data primer yakni pengasuh yang ada di Panti Sosial Asuhan Anak Bina Remaja Budi Utama Lubuk Alung sebanyak 6 orang dan sumber data sekunder yakni, Kepala PAA. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat dideskripsikan bahwa : (1) Peran pengasuh sebagai pendidik yaitu pengasuh menanamkan pentingnya ilmu pengetahuan dan menanamkan sikap sopan santun kepada anak asuhnya. (2) Peran pengasuh sebagai pendorong yaitu pengasuh memberikan nasehat-nasehat kepada anak asuhnya. (3) Peran pengasuh sebagai panutan atau teladan yaitu mencermin perilaku yang baik kepada anak asuhnya dan menanamkan sikap kejujuran. (4) Peran pengasuh sebagai pengawas yaitu pengasuh mengawasi sikap dan perilaku anak asuhnya baik dalam segi pergaulannya maupun di sekolahnya.