Penerapan Model Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas X MIA MAN 3 Pesisir Selatan Tahun Ajaran 2019/2020
Main Author: | Eza, Martaleni |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Eza Martaleni
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinib.ac.id/7541/1/Cover%20Gabungan.pdf http://repository.uinib.ac.id/7541/3/BAB%20I%20-%205%20Gabungan%20.pdf http://repository.uinib.ac.id/7541/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.uinib.ac.id/7541/5/Gabungan%20Keseluruhan.pdf http://repository.uinib.ac.id/7541/6/Gabungan%20Keseluruhan.pdf http://repository.uinib.ac.id/7541/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Eza Martaleni : Penerapan Model Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas X MIA MAN 3 Pesisir Selatan Tahun Ajaran 2019/2020 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika peserta didik kelas X MIA MAN 3 Pesisir Selatan tahun ajaran 2019/2020. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan pendidik masih belum tepat, peserta didik hanya terbiasa dengan masalah rutin. Untuk itu diterapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching dan peserta didik yang belajar dengan pembelajaran biasa di kelas X MIA MAN 3 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian quasy experiment, dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA MAN 3 Pesisir Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah Total Sampling sehingga kelas X MIA.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA.2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data diambil menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan penalaran matematis. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas ekperimen 79,11 , dan kelas kontrol 67,76. Uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh ttabel = 1,687 sedangkan thitung = 10,71 dengan taraf kepercayaan 95%. Hal ini menyatakan t_hitung > t_tabel sehingga kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Selanjutnya rata-rata kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas eksperimen 73,77 dan kelas kontrol 65,76 . Uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh ttabel = 1,687 dan thitung = 7,27 dengan taraf kepercayaan 95%. Ini berarti t_hitung >t_tabel sehingga kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Jadi dapat disimpulkan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis peserta didik X MIA MAN 3 Pesisir Selatan yang belajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching lebih tinggi daripada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran biasa. Kata kunci : Model Quantum Teaching, Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Penalaran Matematis