Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Upaya Pembimbing dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Asuh di Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai (PAKAM) Purus Kota Padang”, yang disusun oleh Rahmi Mufa Rananta, NIM. 1512020036, Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Islam UIN Imam Bonjol Padang, tahun 2020. Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai menampung 32 orang anak terlantar dan anak yatim piatu dari berbagai kalangan dan dari daerah lain yang ada di Sumatera Barat. Berdasarkan latar belakang mereka maka banyak diantaranya mengalami rasa kurang percaya diri. Peran dan upaya pembimbing diperlukan dalam meningkatkan rasa percaya diri anak asuh tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pembimbing dalam meningkatkan keyakinan kemampuan diri anak asuh dan rasa optimis anak asuh di Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai (PAKAM) Purus Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan, adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu, pembimbing dan anak asuh dengan menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 3 orang pembimbing dan 8 orang anak asuh teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) upaya pembimbing dalam meningkatkan keyakinan kemampuan diri anak asuh di Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai yaitu, pembimbing berdiskusi dengan anak asuh setelah melakukan shalat maghrib yang dilakukan 2 minggu sekali, pembimbing memberikan pujian dan reward kepada anak asuh yang mendapatkan nilai baik di sekolah. (2) Upaya yang dilakukan pembimbing dalam meningkatkan rasa optimis anak asuh di Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai (PAKAM) yaitu, pembimbing memberikan motivasi kepada anak asuh, dan mengajak anak asuh untuk senantiasa bersyukur, berbagi, memaafkan, menjadi pendengar yang baik merubah rasa iri menjadi energi dan berfikir maju, pada setiap pertemuan dan kegiatan bersama.