Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Kredibilitas Pemberitaan Pilpres 2019 Pada Media Online Kumparan.com”, yang ditulis oleh Ananda Randy Pratama, NIM 1512010015. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang Tahun 2019. Kredibilitas menjadi unsur yang sudah tidak menjadi hal yang diutamakan oleh media online. Secara umum kredibitas menjadi hal yang harus dipenuhi oleh setiap media online untuk mendapatkan kepercayaan dari pembaca. Semakin tinggi kredibitasnya, maka semakin tinggi kepercayaan pembaca terhadap media online tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kredibilitas pemberitaan pada media online kumparan.com berdasarkan konsep multidimensional Flanagin dan Metzger yang meliputi dimensi accuracy (akurasi judul dan isi, kesesuaian judul dan isi serta kesalahan dalam penulisan), dimensi believability (opinitave dan transparansi sumber berita), dimensi bias, dan dimensi completeness (kelengkapan unsur berita). Penelitian ini bersifat deskriptif, yaitu penelitian yang hanya menggambarkan situasi, peristiwa, atau fenomena yang terjadi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi, yaitu mengumpulkan data berupa berita yang diposting di portal kumparan.com, serta menggunakan tekhnik sampel purposive. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah berita yang ada pada portal kumparan.com yang terbit selama masa tenang pemilu serentak 2019 topik khusus Pilpres 2019. Peneliti menggunakan aplikasi SPSS dengan submenu frequencies dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menjelaskan kredibilitas pemberitaan pada portal berita online kumparan.com yang meliputi dimensi accuracy (akurasi judul dan isi 100%, kesalahan penulisan 24%, dan akurasi foto dan isi 85%), dimensi believability (opinitative 100%, dan transparasi sumber berita 100%), dimensi bias 71%, serta dimensi completeness (kelengkapan unsur berita 100%). Hasil penelitian ini menunjukkan media online kumparan.com kredibel dalam penyampaian beritanya dengan tetap terus berupaya memenuhi unsur Accuracy, Believability, Bias dan completeness.