EFEK PESAN PADA AKUN INSTAGRAM DAKWAH @hanan_attaki BAGI MAHASISWA JURUSAN KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UIN IMAM BONJOL PADANG
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi ini berjudul "Efek Pesan pada Akun Instagram Dakwah @hanan_attaki bagi Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang" disusun oleh: Nofrizaldi Purnama Alam, NIM 1512010023. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Tahun 1441 H/2020. Instagram sclalu punya magnet tersendiri bagi penggunanya, banyak sekali jenis konten yang ada di Instagram, salah satunya Instagram dakwah. Dari tahun ke tahun jumlah akun dakwah semakin bertambah. Namun akun Instagram @hanan_attaki merupakan salah satu akun yang bertemakan dakwah dan mempunyai paling banyak followers di Indonesia, akun ini menyajikan dakwahnya melalui foto dan video yang menggunakan alunan musik sebagai ciri khas dan viewers lebih dari 7,8 juta orang. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penelitian ini bertujan untuk menjawab pertanyaan penelitian, yaitu (1) seberapa besar éfek pesan kognitif pada akun Instagram dakwah @hanan_attaki bagi Mahasiwa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam UIN Imam Bonjol Padang (2) seberapa besar efek pesan afektif pada akun Instagram dakwah @hanan_attaki bagi Mahasiwa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam UIN Imam Bonjol Padang (3) seberapa besar efek pesan behavioral pada akun Instagram dakwah @hanan attaki bagi Mahasiwa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini pendekatan kuantitatif jenis explanatif dengan menggunakan metode Total Sampling terhadap 35 Mahasiswa dengan menyebarkan kuesioner yang berisi 25 item pertanyaan mnengenai efek pesan pada akun Instagram dakwah @hanan_attaki yang disesuaikan dengan teori yang digunakan. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert dimana jawaban dari setiap pertanyaan mempunyai lima gradiasi yaitu mulai dari sangat setuju, setuju, ragu-ragu, tidak setuju hingga sangat tidak setuju. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menghitung Analisis Regresi Linear Sederhana. Dengan mengukur seberapa besar pengaruh variabel Instagram dakwah @hanan_attaki terhadap efek pesan pada akun Instagram bagi Mahasiswa dimana variabel ini merupakan konsep dari teori efek. Hasil penelitian menuniukan angka yang di perolch bahwa efek pesan kognitif pada akun Instagram dakwah @hanan_attaki bagi Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam UIN Imam Bonjol Padang dipengaruhi oleh pesan pada akun Instagram dakwah @hanan_attaki dengan angka sebesar (21.5%), efek afektif dipengaruhi oleh pesan pada akun Instagram dakwah @hanan_attaki dengan angka sebesar (12.1%), efek behavioral dipengaruhi oleh pesan pada akun Instagram dakwah @hanan_attaki dengan angka sebesar (17.5%). kata kunci: efek pesan, dakwah, instagram