Daftar Isi:
  • Latar belakang dalam penulisan tugas akhir ini adalah pada saat sekarang ini, transaksi mengunakan uang giral seperti cek dan bilyet giro banyak disukai oleh masyarakat karena lebih minim resiko dan tidak terlalu merepotkan. Namun, penyelesaian pembayaran menggunakan giral secara individual tidak memungkinkan. Oleh karena itu, Bank Nagari Syariah Kantor Cabang Payakumbuh menyediakan jasa pelayanan untuk memudahkan pembayaran giral tersebut yang dinamakan dengan kliring. Dengan adanya kliring, lalu lintas pembayaran giral dapat berjalan lebih efisien. Tujuan penelitian dalam tugas akhir ini adalah untuk mengetahui mekanisme kliring pada Bank Nagari Syariah Kantor Cabang Payakumbuh. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kualitatif yakni mencatat, menganalisa, mendeskripsikan, dan menafsir data yang ditemui di lapangan. Teknik pengumpulan data pada tugas akhir ini adalah dengan cara observasi, dokumentasi serta wawancara langsung dengan karyawan yang berhubungan dengan pelaksanaan kliring. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa mekanisme kliring terbagi menjadi dua tahap yaitu kliring penyerahan dan kliring pengembalian. Kliring penyerahan berhubungan dengan serah terima warkat dengan peserta kliring bank lain di lembaga kliring. Sedangkan kliring pengembalian merupakan hasil dari kliring penyerahan bahwa kliring tersebut diterima atau ditolak oleh bank penerima. . Kata kunci: Pelayanan Jasa Kliring