Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah yang penulis bahas dalam Tugas Akhir ini adalah apakah yang dilakukan oleh pihak bank dalam mempromosikan tabungan Tunas iB Hasanah dan apa saja kendala yang dialami dalam mempromosikan tabungan Tunas iB Hasanah. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis untuk membahas tugas akhir ini yaitu wawancara secara langsung dengan karyawan Bank BNI Syariah Cabang Padang. Untuk membahas masalah diatas digunakan analisis data dengan cara analisis kualitatif. Yaitu menguraikan dan menjelaskan tentang mengedukasikan tabungan Tunas iB Hasanah dan kendala yang dialami pihak bank dalam mempromosikan tabungan Tunas iB Hasanah. Hasil dari penelitian ini adalah tabungan Tunas iB Hasanah ini menggunakan akad mudharabah dan wadi’ah. Dalam mempromosikan tabungan Tunas iB Hasanah ini ke sekolah-sekolah, ada beberapa hal yang dapat dilakukan pihak bank, yaitu pendekatan ke sekolah-sekolah, melakukan sosialisasi kepada siswa-siswa, melakukan sosialisasi kepada orang tua siswa, proses pembukaan rekening, dan diajarkan cara menggunakan ATM. Dalam mempromosikan tabungan Tunas iB ini ada beberapa kendala yang dihadapi pihak bank, yaitu ketidakmampuan orang tua dalam megurus tabungan anak, kendala dalam mengumpulkan persyaratan. Persyaratan membuka tabungan Tunas iB adalah kartu pelajar, KTP orang tua, kartu keluarga (bagi yang tinggal terpisah dengan orag tua), setoran awal minimal Rp 100.000,-(seratus ribu rupiah).