Daftar Isi:
  • Kepuasan pelanggan/masyarakat adalah perbandingan antara kinerja yang diharapkan oleh pelanggan dibandingkan dengan kinerja aktual yang dirasakan pelanggan. Ketika kinerja aktual lebih tinggi dibandingkan dengan harapan pelanggan maka pelanggan merasakan puas dan sebaliknya. Jadi kepuasan masyarakat adalah suatu tingkat perasaan yang timbul sebagai akibat dari pelayanan yang di peroleh setelah masyarakat membandikan dengan apa yang di harapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kehandalan empati dan responsive pegawai terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Wali Nagari Kapeh panji Jaya Talaok. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain survei yaitu penelitian yang pengambilan sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data pokok. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 88 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tekinik purposive sampling. Hasilnya di dapat bahwa koefisien regresi variabel kehandalan 0,055 artinya variabel kehandalan berpengaruh positif dan tidak segnifikan terhadap kepuasan masyarakat, sedangakan koefisien regresi variabel empati 0,459 artinya variabel empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Sedangakan koefisien regresi responsif 0,215 artinya variabel responsif berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Kata Kunci: kepuasan masyarakat, kehandalan, empati dan responsif