Pelaksanaan layanan Bimbingan Kelompok oleh Guru BK dalam Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 2 Lubuk Alung
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok oleh Guru BK dalam Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 2 Lubuk Alung” yang disusun oleh Erlaini, NIM. 1314030927, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa di SMPN 2 Lubuk Alung, Telah dilaksanakan layanan BK, akan tetapi masih ada peserta didik yang memiliki penyesuaian diri negatif seperti tidak memiliki rasa percaya diri, pemalu, sering mengganggu teman-temannya, keluar masuk pada saat jam pelajaran serta menutup diri dari pergaulan teman-teman sebayanya. Rumusan masalahnya adalah bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok oleh guru BK dalam meningkatkan kemampuan penyesuaian diri peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Lubuk Alung. Sedangkan batasan masalahnya adalah: 1) Perencanaan layanan bimbingan kelompok oleh guru BK dalam meningkatkan kemampuan penyesuaian diri peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Lubuk Alung. 2) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok oleh guru BK dalam meningkatkan kemampuan penyesuaian diri peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Lubuk Alung. 3) Hasil pelaksanaan layanan bimbingan kelompok oleh guru BK dalam meningkatkan kemampuan penyesuaian diri peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Lubuk Alung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan layanan bimbingan kelompok oleh guru BK dalam meningkatkan kemampuan penyesuaian diri peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Lubuk Alung, pelaksanaan layanan bimbingan kelompok oleh guru BK dalam meningkatkan kemampuan penyesuaian diri peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Lubuk Alung, hasil pelaksanaan layanan bimbingan kelompok oleh guru BK dalam meningkatkan kemampuan penyesuaian diri peserta didik klas VIII di SMPN 2 Lubuk Alung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menggambarkan fakta dan realita mengenai keadaan dilapangan. Dalam hal ini yang menjadi sumber data bagi peneliti adalah peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Lubuk Alung serta guru BK guna memperoleh informasi tentang pelaksanaan layanan bimbingan kelompok oleh guru BK dalam meningkatkan kemampuan penyesuaian diri peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Lubuk Alung. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut: bahwa ada beberapa orang peserta didik yang memiliki penyesuaian diri negatif yang terdiri dari laki-laki dan perempuan, yang sebelumnya peserta didik yang memiliki penyesuaian diri negatif cenderung menunjukan sikap tidak percaya diri, pemalu, suka mengganggu orang lain, mudah marah, merasa tertekan, keluar masuk pada saat jam pelajaran, dan menutup diri dari pergaulan teman-teman sebayanya. Setelah adanya upaya dari guru BK melalui layanan bimbingan kelompok, sudah terlihat banyaknya perubahan pada diri peserta didik, peserta didik yang dulunya memiliki penyesuaian diri negatif sekarang jauh lebih baik dari sebelumnya.