Daftar Isi:
  • Rizki Dian Mensari, 088152418, Pengaruh Marketing Mix Syariah Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Hotel Syariah di Kota Padang (Studi Kasus Hotel Rangkayo Basa), Tesis: Konsentrasi Ekonomi Syariah Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, 2019, 141 halaman. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara implementasi marketing mix syariah yang terdiri dari produk (product), harga (price), promosi (promotion), tempat/ distribusi (place/ distribution), orang (people), proses (process), dan bukti fisik (phisical evidence) terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan jasa hotel syariah di kota padang dan apakah terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara implementasi marketing mix syariah yang terdiri dari produk (product), harga (price), promosi (promotion), tempat/ distribusi (place/ distribution), orang (people), proses (process), dan bukti fisik (phisical evidence) terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan jasa hotel syariah di kota padang. Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan pengaruh marketing mix konsep syariah terhadap keputusan konsumen yang memilih Hotel Rangkayo Basa Syariah di Kota Padang dan menganalisis hubungan diantara factor - faktor yang ada di dalam marketing mix konsep syariah yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih Hotel Rangkayo Basa Syariah Kota Padang. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menginap di Hotel Rangkayo Basa pada bulan Juni sampai dengan bulan Agustus tahun 2019. Teknik pengambilan sampel melalui teknik Accidental Sample dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan field research (penelitan lapangan) dengan wawancara dan penyebaran kuisioner serta Library Research, teknik analisanya menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian mengungkapkan terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara implementasi marketing mix syariah terdiri dari product, price, promotion, place/ distribution, people, process, dan phisical evidence terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan jasa hotel syariah di kota padang. Hal ini terbukti dari nilai cronbach alpha produk (product) ditemukan sebesar 0.450, harga (price) sebesar 0.787, promosi (promotion) sebesar 0.718, tempat/ distribusi (place/ distribution) sebesar 0.751, orang (people) sebesar 0.709, proses (process) sebesar 0.718, dan bukti fisik (phisical evidence) sebesar 0.675 lebih besar dari nilai r table 0.195 dengan signifikan 5%, serta terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara implementasi marketing mix syariah yang terdiri dari produk (product), harga (price), promosi (promotion), tempat/ distribusi (place/ distribution), orang (people), proses (process), dan bukti fisik (phisical evidence) terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan jasa hotel syariah di kota padang yang terbukti dari nilai cronbach alpha secara simultan sebesar 0.909 yang lebih besar dari nilai r table 0. 195 dengan signifikan 5%.