Peningkatan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Tipe Explicit Instruction pada Kelas IV MIN 6 Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2017/2018

Main Author: TEGUH SEPRIANTO, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinib.ac.id/2793/1/teguh%20cover%2C%20persetujuan%20%20pembimbing%2C%20abstrak.pdf
http://repository.uinib.ac.id/2793/2/bab%201.pdf
http://repository.uinib.ac.id/2793/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uinib.ac.id/2793/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uinib.ac.id/2793/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uinib.ac.id/2793/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uinib.ac.id/2793/7/DAFTAR%20KEPUSTAKAAN.pdf
http://repository.uinib.ac.id/2793/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang disampaikan guru di kelas masih bersifat konvensional, siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kenyataannya lebih dari 50% siswa kelas IV yang tidak mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minamal 75 pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MIN 6 Pesisir Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan model pembelajaran langsung tipe explicit instruction pada siswa kelas IV MIN 6 Pesisir Selatan?. Masalah yang peneliti fokuskan yaitu upaya peningkatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang masih konvensional, peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan model pembelajaran langsung tipe explicit instruction pada kelas IV MIN 6 Pesisir Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan model pembelajaran langsung tipe explicit instruction di kelas IV MIN 6 Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, penelitian ini berkolaborasi dengan guru kelas IV. Peneliti bertindak sebagai praktisi sedangkan guru kelas IV bertindak sebagai observer, subjek penelitian adalah 23 orang siswa kelas IV MIN 6 Pesisir Selatan. Hasil penelitian diperoleh data bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I dari 23 orang siswa, 9 orang siswa atau 39% yang dinyatakan tuntas dan 14 orang siswa atau 60,68% dinyatakan tidak tuntas dengan nilai rata-rata kelas siswa 66,2%. Sedangkan hasil tes siklus II dari 23 orang siswa, 18 orang siswa atau 78,2% yang dinyatakan tuntas dan 5 orang siswa atau 21,7% dinyatakan tidak tuntas dengan nilai rata-rata kelas siswa 77,3%. Aktivitas siswa selama pembelajaran juga mengalami peningkatan. Yaitu pada siklus I siswa yang memperhatikan penjelasan guru 71,7% meningkat pada siklus II 80,4%. Siswa yang bekerjasama dengan kelompoknya pada siklus I 60,8% meningkat 71,7%. Siswa yang mengemukakan pendapat pada siklus I 58,6% meningkat 73,9%. Siswa yang mengerjakan LKS pada siklus I 73,9% meningkat 84,7%. Dan siswa yang mengikuti pelajaran dengan baik pada siklus I 63% meningkat 76%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran langsung tipe explicit instruction dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas IV MIN 6 Pesisir Selatan.