Pembinaan Pendidikan Karakter Dalam Membangun Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Darul 'Ulum Air Pacah Padang
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul “Pembinaan Pendidikan Karakter Dalam Membangun Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Darul U’lum Air Pacah Padang”.Oleh Nadya Yenizal Putri, NIM. 1414010201, skripsi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang tahun 2018. Skripsi ini dilatar belakangi oleh keingintahuan penulis tentang pembinaan pendidikan karakter dalam membangun kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Air Pacah padang. Bahwa pembinaan pendidikan karakter dalam membangun kedisiplinan sudah berjalan dengan efektif, hampir tidak ada Santri yang melanggar peraturan di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Air Pacah Padang. Rumusan masalah penelitian adalah Bagaimana pelaksanaan pembinaan pendidikan karakter dalam membangun kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Air Pacah Padang. Adapun batasan masalah penelitian ini adalah (1) Program pembinaan pendidikan karakter dalam membangun kedisiplinan santri, (2) Pelaksanaan pembinaan pendidikan karakter dalam membangun kedisiplinan santri, dan (3) Evaluasi terhadap pembinaan pendidikan karakter dalam membangun kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Air Pacah Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru dan Santri. Untuk mendapatkan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini adalah reduksi data, sajian data, dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) Program pembinaan pendidikan karakter dalam membangun kedisiplinan santri meliputi a). program sekolah yaitu belajar kitab/ mengaji dan belajar pelajaran umum, b). program di luar sekolah yaitu shalat berjama’ah, muhadarah, dalail khairat, tahsin, dan olah raga. (2) Pelaksanaan pendidikan karakter dalam membangun kedisiplinan santri baik itu disiplin belajar, disiplin waktu, disiplin ibadah dan disiplin sikap meliputi a). metode yang digunakan yaitu metode keteladanan, kebiasaan, nasehat, dan ganjaran/ hukuman b) proses pembinaannya yaitu memberikan pengarahan, memberikan motivasi, dan mengambil keputusan atas tindakan pelanggaran kedisiplinan. (3) Evaluasi pembinaan pendidikan karakter dalam membangun kedisiplinan santri meliputi a) pengamatan dan b) pencatatan.