Daftar Isi:
  • Skripsi dengan berjudul “Pendidikan Akhlak dalam Q.S. Al- Fath” oleh Habibullah, NIM.1414010419, skripsi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang tahun 2018. Skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya pendidikan akhlak dalam Islam. Kedudukan akhlak dalam kehidupan manusia menempati tempat yang penting sekali, baik sebagai individu maupun sebagai masyarakat bangsa. Sebab jatuh bangunnya, jaya hancurnya, sejahtera rusaknya suatu bangsa tergantung bagaimana baik buruknya akhlaknya. Kejayaan seseorang, masyarakat dan bangsa disebabkan akhlaknya yang baik. Dan hancurnya seseorang, masyarakat dan bangsa dikarenakan kehilangan akhlak yang baik atau jatuh akhlaknya. Oleh karena itu perlu ada suatu pendidikan akhlak yang berkonsepkan kepada Al-Qur’an. Tujuan dari penulisan skripsi ini untuk mengetahui tujuan pendidikan akhlak dalam Q.S. Al-Fath, untuk mengetahui materi pendidikan akhlak dalam Q.S. Al-Fath, untuk mengetahui metode pendidikan akhlak dalam Q.S. Al-Fath dan untuk mengetahui karakteristik pendidik dan peserta didik dalam Q.S. Al-Fath. Penelitian ini tergolong dalam penelitian jenis kepustakaan (library research), karena penulis menggunakan data dari sumber-sumber pustaka, seperti: buku, jurnal, artikel dan lain sebagainya yang mempunyai relevansi dengan tema yang diteliti. Adapun teknis anlisis data yang digunakan peneliti adalah analisis isi (content analisis), dengan metode maudhu’i. teknik ini digunakan dengan tujuan untuk membahas makna ayat-ayat yang berkitan dengan pendidikan akhlak serta membedakan antara konsep pendidikan akhlak yang ada pada surah Al-Fath. Rumusan jawaban yang ditemukan dalam penelitian Qur’an surah Al-Fath ini ada empat konsep pendidikan akhlak, yaitu: pertama, tujuan pendidikan akhlak. Tujuan pendidikan akhlak dalam surah ini ialah, mewujudkan peserta didik yang mempunyai akhlak mulia,mewujudkan seorang muslim yang bermora mulia, sopan santun dan toleransi. Kedua, materi pendidikan akhlak. Surah ini menjelaskan tentang akhlak kepada Allah dan rasul-Nya, yaitu mengikuti dan menta’ati Rasulullah SAW, tawakkal kepada Allah SWT, akhlak tercela yaitu nifak atau munafik dan berburuk sangka. Ketiga, metode pendidikan akhlak. Metode pendidikan akhlak dalam surah ini ialah, metode targhib dan tarhib serta metode dialog Qur’ani. Keempat, karakteristik pendidik dan peserta didik. Pendidik harus mempunyai sifat yang tegas dan kasih sayang dalam mendidik, serta memiliki sifat ikhlas. Peserta didik harus mempunyai sifat yang tegas terhadap suatu kemungkaran, ikhlas dalam menuntt ilmu serta dalam setiap amal ibadahnya hanya mengharap ridha Allah SWT. Kata Kunci: Pendidikan Akhlak. Al-Quran Surah Al-Fath