Perbedaan Hasil Belajar antara Metode Problem Solving, Resitasi, dan Ceramah pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTsN 6 Pesisir Selatan
Daftar Isi:
- Skripsi ini disusun oleh Khairul Reski, NIM. 1414010506, yang berjudul “Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Problem Solving, Resitasi dan Ceramah pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTsN 6 Pesisir Selatan”, Skripsi : Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang, 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII MTsN 6 Pesisir Selatan tahun pelajaran 2017/2018 yang sebagian besar belum mencapai KKM Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar Akidah Akhlak siswa yang pembelajarannya menggunakan Metode Problem Solving, Resitasi lebih baik dari hasil belajar Akidah Akhlak yang pembelajarannya menggunakan metode ceramah pada siswa kelas VIII MTsN 6 Pesisir Selatan. Batasan masalah dalam penelitian ini yaitu “apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara Metode Problem Solving, Resitasi dan Ceramah kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 6 Pesisir Selatan?”. Jenis penelitian ini adalah eksperimen-semu Hasil penelitian menunjukan bahwa perolehan rata-rata nilai pre test kelas eksperimen maka keputusannya adalah ditolak dan diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar metode Problem Solving, Resitasi dengan metode ceramah pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTsN 6 Pesisir Selatan.