Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul, “Usaha Guru Aqidah Akhlak dalam Meningkatkan Prestasi Belajar dan Meningkatkan Karakter Peserta didik Kelas VIII di MTsN Sumpur Kudus Kabupaten Sijinjung” Oleh Dodi Zulfendri NIM. 1414010511, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi bahwa Dalam Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTsN Sumpur Kudus belum terlaksana secara optimal, disebabkan dalam proses pembelajaran banyak peserta didik yang tidak serius dalam mengikuti pelajaran, ada peserta didik berbicara dibelakang, , bahkan ada juga peserta didik yang tidur selama proses pembelajaran berlangsung dan peserta didik yang keluar masuk tanpa izin, dan dengan semua karakter seperti itu, peserta didik tersebut prestasi belajarnya sangat rendah, bahkan sedikit yang sampai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan usaha guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar belajar peserta didik kelas VIII di MTsN Sumpur kudus, mendeskripsikan usaha guru dalam meningkatkan karakter peserta didik kelas VIII di MTsN Sumpur Kudus, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta solusi yang dilakukan yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi dan meningkatkan karakter peserta didik kelas VIII di MTsN Sumpur Kudus. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu menggambarkan apa adanya sesuai dengan hasil yang sebenarnya. Alat pengumpul data melalui observasi, wawancara,dan dokumentasi. Sumber data adalah kepala sekolah, guru Aqidah Akhlak dan peserta didik. Adapun teknik pengolahan data yang penulis gunakan adalah teknik analisa deskriptif kualitatif dan teknik analisis data yang penulis gunakan adalah dengan cara mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Serta untuk menguji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi data yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat menyimpulkan bahwa usaha guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik yaitu dengan memberikan motivasi dan memvariasikan metode . Sementara usaha guru agama dalam meningkatkan karakter yaitu dengan punishment (hukuman), membaca ayat pendek, membaca, tasbih, tahlil, dan tahmid, dan membaca bacaan