Daftar Isi:
  • Skripsi ini dengan judul Tingkah Laku Salah Suai Peserta Didik kelas VIII MTsN 7 Pesisir Selatan Ditinjau Dari Teori Analisis Transaksional, ditulis oleh Resa Yulia, NIM:1314030290, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan banyaknya peserta didik yang memiliki tingkah laku salah suai. Berprasangka dan berpandangan salah tanpa mau mendengarkan, menjadikan dia kurang menghargai atau menghormati antar sesama selain itu selalu suka memerintah, suka mengkritik teman-temannya walaupun didepan umum, berprilaku anak-anak dan lainnya. Perbuatan peserta didik tidak disukai guru, teman serta lingkungannya yang dapat menimbulkan kesalahpahaman. Untuk itu penelitian ini mengkaji permasalahan tingkah laku salah suai ditinjau dari teori analisis transaksional. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah: “Apakah yang Menyebabkan Tingkah Laku Salah Suai Peserta Didik Kelas VIII MTsN 7 Pesisir Selatan Ditinjau Dari Teori Analisis Transaksional?” Batasan masalah dalam penelitian ini adalah Penyebab Tingkah Laku Salah Suai Peserta Didik Kelas VIII MTsN 7 Pesisir Selatan Ditinjau Dari Teori Analisis Transaksional., Tingkah laku salah suai peserta didik kelas VIII yang disebabkan oleh kontaminasi ditinjau dari teori analisis Transaksional., tingkah laku salah suai peserta didik kelas VIII yang disebabkan oleh ekslusi ditinjau dari teori analisis transaksional. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling dan peserta didik MTsN 7 Pesisir Selatan. Cara penulis mendapatkan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa 1)Tingkah laku salah suai peserta didik kelas VIII di MTsN 7 Pesisir Selatan disebabkan oleh kontaminasi hasilnya adalah Peserta didik tersebut tidak mampu mempergunakan ketiga Ego state dengan baik, tingkah laku mereka dipengaruhi prasangka dan berpandangan salah tanpa mau mendengarkan, memikirkan pendapat orang lain. Tampilan ego yang salah dan juga dicemari oleh ego yang lainnya. 2) Tingkah laku salah suai peserta didik kelas VIII di MTsN 7 Pesisir Selatan yang disebabkan oleh ekslusi hasilnya adalah penguasaan salah satu sikap terlalu lama pada diri seseorang, seperti peserta didik yang hanya memakai satu status ego dalam bertingkah laku. Pemeliharaan atau didikan keluarga menjadi faktor utama yang menyebabkan tingkah laku salah suai peserta didik yang disebabkan oleh kontaminasi dan ekslusi dimana tingkah laku salah suai anak dimulai ketika pemeliharaan oleh orang tua yang kurang sehat.