KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DISERTAI STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 LENGAYANG KAB. PESISIR SELATAN
Daftar Isi:
- Rara Anggun Syaveta NIM. 1314040573 Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik yang Diajar dengan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Disertai Strategi Think-Talk-Write (TTW) di Kelas VIII SMP N 2 Lengayang Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMPN 2 Lengayang. Hal ini dilihat dari Nilai Ulangan Harian Peserta didik kelas VIII yang sebagian besar masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Hal ini dikarenakan model dan strategi pembelajaran yang digunakan selama ini belum mampu untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Untuk itu diterapkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Disertai Strategi Think-Talk-Write (TTW). Penelitian ini bertujuan untuk mengkomparasikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang diajar model Missouri Mathematics Project (MMP) Disertai Strategi Think-Talk-Write (TTW) dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment dan rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 2 Lengayang. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Diperoleh kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen (Missouri Mathematics Project (MMP) Disertai Strategi Think-Talk-Write (TTW) dan kelas VIII.E sebagai kelas kontrol (pembelajaran biasa). Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan Pemecahan masalah matematis. Hipotesis dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Disertai Strategi Think-Talk-Write (TTW) lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran biasa. Waktu penelitian ini dimulai tanggal 04 September – 24 September 2017 di SMP N 2 Lengayang tahun ajaran 2017/2018 semester ganjil. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Disertai Strategi Think-Talk-Write (TTW) adalah 75,95 dan pada pembelajaran biasa adalah 68. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh t_hitung=2,23 dan t_tabel=1,64 dengan taraf kepercayaan 95%. Ini berarti t_hitung>t_tabel, sehingga menunjukan hipotesis diterima artinya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Disertai Strategi Think-Talk-Write (TTW) lebih baik dari pada dengan pembelajaran biasa.