Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start with a Question (LSQ) disertai Pemberian Kuis untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Linggo Sari Baganti Tahun Ajaran 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis siswa di SMAN 1 Linggo Sari Baganti, terlihat dari nilai rata-rata Ujian Tengah Semester ganjil matematika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Linggo Sari Baganti yang sebagian besar masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 80. Rendahnya pemahaman konsep matematis siswa disebabkan oleh berbagai hal, salah satu penyebabnya yaitu siswa tidak berani bertanya secara lisan terhadap materi yang tidak dipahami, sehingga siswa tidak paham terhadap materi yang diberikan oleh guru, kemudian proses pembelajaran yang dilaksanakan guru belum dapat mengaktifkan siswa untuk belajar. Usaha yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start with a Question (LSQ) disertai pemberian kuis. Hipotesis dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start with a Question (LSQ) disertai pemberian kuis lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas XI IPA SMAN 1 Linggo Sari Baganti. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperiment dan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Linggo Sari Baganti sebanyak 154 siswa tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel random sampling. Diperoleh kelas XI.IPA4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.IPA2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan tes akhir yang diperoleh, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen, dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pemahaman konsep matematis siswa pada kelas eksperimen 82,67, dan kelas kontrol 74,96. Setelah dilakukan uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t satu arah, diperoleh ttabel = 1,645 dan thitung = 2,437 dengan taraf kepercayaan 95%. Ini berarti thitung > ttabel, hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima artinya siswa dengan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start with a Question (LSQ) disertai pemberian kuis lebih tinggi daripada dengan pembelajaran konvensional pada kelas XI IPA SMAN 1 Linggo Sari Baganti.