Daftar Isi:
  • Skripsi yang berjudul Pengaruh Media Puzzle Terhadap Peningkatan Perhatian Anak Attention Deficit Hiperactivity Disorder (ADHD) Tipe Inattentive Di SLB Kota Padang ini disusun oleh Yulia Rizky, NIM.1315040072, Program Studi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya anak Attention Deficit Hiperactivity Disorder (ADHD) tipe inattentive yang tidak mampu memusatkan perhatian dalam waktu yang lama, terutama saat proses pembelajaran. Untuk itu sangat diperlukan metode belajar yang menarik. Salah satunya yaitu dengan media puzzle dengan jenis speeling puzzle, yang merupakan suatu alat bermain yang didalamnya terdapat aktivitas fisik berupa gerakan-gerakan menyusun kembali bentuk gambar atau huruf (yang sudah dipola sebelumnya) yang berguna untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi anak. Dengan demikian media ini diharapkan dapat berpengaruh pada peningkatan perhatian anak yang dimaksud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media puzzle terhadap peningkatan perhatian pada anak dengan gangguan ADHD tipe inattentive. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen murni, dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Adapun teknik analisis datanya dengan memakai teknik man whitney yang diolah dengan program SPSS versi 16.0 for windows. Subjek penelitian adalah siswa SLB sekota Padang yang dikategorikan ADHD tipe Inattentive yaitu sebanyak 8 orang. Subjek dipilih berdasarkan randomisasi sederhana dengan menggunakan undian. Subjek dibagi pada 2 kelompok, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Masing-masing kelompok berjumlah 4 orang. Kelompok eksperimen diberikan treatment berupa belajar menggunakan media puzzle, sementara kelompok kontrol tidak mendapatkan treatment. Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,386. Nilai signifikasi tersebut lebih besar dari 0,05. Artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara perhatian kelompok eksperimen dengan kontrol. Dengan demikian Ha di tolak dan H0 diterima artinya bahwa tidak adanya pengaruh media puzzle terhadap peningkatan perhatian anak Attention Deficit Hiperactivity Disorder (ADHD) tipe inattentive. Kata Kunci: Media Puzzle, Peningkatan Perhatian, ADHD Tipe Inattentive